Sabtu, 23 Mei 2009

MENGENAL ABJAD KOREA (한글 소개)

1. Abjad Korea (한글)
Han gel adalah nama resmi huruf Korea, yang diciptakan pada tahun 1443 oleh raja agung Se-jong, raja keempat kerajaan Choson. Sebelum han gel diciptakan, terdapat sitem abjad Korea, tetapi kurang sistematis, yang bernama "Idu". Mulai tahun 1948, pemerintah Republik Korea menetapkan pemakaian Han gel pada dokumen-dokumen resmi dan buku-buku pelajaran. Han gel begitu sistematis dan unik, sehingga mudah untuk dipelajari dan dapat mewakili seluruh bunyi. Han gel merupakan huruf yang tidak dapat berdiri sendiri dan harus selalu digabung antara Konsonan dengan Vokal dalam kata atau suku kata. Han gel terdiri atas 14 konsonan, 10 vokal, ditambah 5 gabungan konsonan, dan 11 vokal rangkap.

1.1 Konsonan
Konsonan bahasa Korea terdiri atas 14 huruf. Masing-masing hurufnya memiliki bunyi yang sedikit berbeda, tergantung pada letak konsonan tersebut; di awal, di tengah atau di bawah suatu kata.
Nama konsonan tidak dipanggil seperti bunyi k/g, t/d, tetapi mempunyai nama panggilan tersendiri seperti :
(ㄱ) kiyek, (ㄴ) nien, (ㄷ) tiget, (ㄹ) riel, (ㅁ) miem, (ㅂ) piep, (ㅅ) siet, (ㅇ) ieng, (ㅈ) chiet, (ㅊ) chiet, (ㅋ) khiek, (ㅌ) thiet, (ㅍ) phiep, dan (ㅎ) hiet. Konsonan tidak dapat berdiri sendiri, harus selalu diikuti vokal. Konsonan tidak dapat diikuti konsonan. Apabila konsonan diikuti konsonan seperti dalam menulis huruf asing, maka harus diberi huruf bantu"ㅡ" (e).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar